Pisang Goroho, Cita Rasa Unik Khas Manado

Jum'at, 19 Desember 2014 - 11:28 WIB
Pisang Goroho, Cita Rasa Unik Khas Manado
Pisang Goroho, Cita Rasa Unik Khas Manado
A A A
MANADO - Salah satu varietas tanaman pisang yakni pisang goroho menarik perhatian pengunjung dalam Festival Pemberdayaan UMKM, di Lapangan Megamas, Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Ricky Poli mengatakan, pisang goroho hanya tumbuh di Sulut, dan saat ini pemerdayaan sudah cukup menyebar di beberapa kelompok tani di Manado dan Sulut pada umumnya.

"Pisang ini cukup unik dan rasanya beda dengan pisang pada umumnya. Cita rasa pisang goroho sangat nikmat jika digoreng tipis, saat matang pun tak kalah enaknya dengan pisang susu," ujar Ricky, Jumat, (19/12/2014).

Ketua Kelompok Tani Mekar Pisang Goroho Wentrik Rumambi mengatakan, pada UMKM ini tak hanya buah kami tampilkan, tapi sekalian dengan pohonnya.

"Pisang ini banyak khasiat, salah satunya mampu mengurangi kolesterol bahkan bisa mengobati penderita darah tinggi," ujar Wentrik.

Dijelaskannya, pemberdayaan pisang goroho masih sangat kurang. Sementara permintaan banyak. "Produksi kami itu di Kecamatan Mapanget seluas 15 hektar dengan produksi 15.000 tangkai pisang per enam bulan. Produksi ini sangat kurang, sebab permintaan pasar lokal per kelompok tani dua kali lipat dari produksi," jelasnya.

Karena itu, lanjutnya, untuk pasaran pisang goroho ke luar Sulut belum bisa terpenuhi. Sebab, permintaan untuk lokal saja belum mampu tercukupi.

"Karena itu, kami sangat berharap pada pemerintah untuk memanfaatkan lahan tidur untuk pemberdayaan pisang ini agar permintaan lokal terpenuhi dan juga bisa dikirim keluar daerah," ungkapnya.

Sementara itu, Meidy Rumondor dari Kelompok Tani Mekar Binaan Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Manado mengatakan, jika produksi pisang goroho melimpah, bukan hal yang mustahil permintaan daerah luar ikut terpenuhi.

"Tidak sedikit pendatang ketagihan setelah mencoba pisang ini. Karenanya dengan adanya UMKM ini, sekiranya pemerintah bisa memperluas budidaya pisang ini. Apalalgi pada UMKM ini, Sindonews (MNC Grup) ikut menjadi pelaksana," ungkapnya.

Sekedar diketahui, pisang goroho ini tingginya tidak jauh beda dengan pisang pada umumnya. Yang membedakan hanya batang pisang goroho sedikit kecil. Selain itu, per tangkai pisang goroho paling tinggi terdapat delapan sisir pisang.

Tertarik untuk melihat dan mencoba langsung pisang goroho ini? Kunjungi festival UMKM di Lapangan Megamas yang dihadiri 170 pelaku UMKM 19-20 Desember 2014. Dapatkan juga berbagai hadiah menarik dan hiburan di sela-sela festival itu.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5885 seconds (0.1#10.140)